Study Tour ke Galeri Rahmat dan Istana Maimoon
Study Tour ke Galeri Rahmat dan Istana Maimoon
Proses belajar mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada siswa sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melalui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar.
Proses belajar mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada siswa sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melalui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar.
Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan
langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pengajaran yang dapat
dilihat atau ditemui hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitar yang
diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu. Sementara tujuan
pembelajaran sendiri adalah selain memberi pemahaman dan keterampilan juga
menanamkan pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar
pemikiran serta perilaku baik dimasa sekarang maupun yang akan datang bagi
siswa didiknya.
Untuk mencapai pengalaman belajar yang
mengesankan, tentunya siswa juga diajak untuk melihat dan berinteraksi langsung
dengan objek-objek yang menjadi salah satu bagian bahan ajar yang mereka
pelajari di sekolah, tidak melulu hanya melihat buku pelajaran. Dalam hal ini,
sesekali siswa diajak bepergian untuk meneliti dan mengamati sesuatu sesuai
dengan pelajaran yang dipelajari sambil berwisata.
Untuk mewujudkan itu semua, salah satu
program SMP Al-Azhar adalah mengadakan kegiatan Studi Tour atau Studi Wisata.
Kegiatan studi tour ini diikuti oleh
siswa ke sebuah objek wisata yang berkaitan dengan pelajaran.
TUJUAN KEGIATAN
1. Memperkenalkan
siswa kepada objek wisata Galeri Rahmat dan Istana Maimoon dan keterkaitannya dengan pelajaran di
sekolah.
2. Mengajak
siswa mengamati dan meneliti objek wisata yang dimaksud, yaitu Galeri Rahmat
dan Istana Maimoon .
3. Menciptakan
kondisi dan nuansa belajar yang lain dari biasanya berlangsung di sekolah.
4. Mengajarkan
siswa untuk berinteraksi langsung pada lingkungan sebagai sumber belajar.
[ Dokumentasi ]
0 komentar:
Posting Komentar